Keluargaku bermasalah.. :(

Sekarang keluargaku bener-bener lagi ada masalah..😦
Hampir bisa dibilang sudah di ujung tanduk…
kata perceraian bisa dibilang sudah hampir ada di depan mata…

tadi malam jam 8 lebih, ibuku pergi dari rumah..
bilangnya mau ngejemput adikku yang sekarang ada di Jakarta..
aQ berniat ingin menemani ibuku, karena ibuku belum ada keberanian ke Jakarta, naik mobil lewat Cipularang sendirian.
ibu menolak..
setiap pertanyaan dan setiap ucapan yang aQ lontarkan, semuanya dibalas dengan wajah murung dari ibu..
aQ yakin, ibuku pasti ada masalah..
karena setiap ibuku sedang ada masalah, ibuku pasti mengambil kunci mobil dan pergi membawa mobilnya ntah pergi kemana.
menenangkan diri…
tapi biasanya ibuku pergi ke rumah temannya..
aQ segera menelepon hp ibuku, tidak diangkat..
menelepon hp teman ibuku, tidak diangkat juga..
apa ibu serius akan pergi ke jakarta sendirian dengan keadaan dan pikiran seperti itu?
aQ khawatir, dan aQ mulai berdo’a…

“Ya Allah, berikanlah ibuku keselamatan dan perlindungan selama di perjalanan. Dan berikan ibu ketenangan dan jalan keluar pada masalah yang sedang dialaminya. Amin..”

pagi, jam 8…
ibu masih belum ada di rumah..
nenekku yang ada di Jakarta menelepon dan mengatakan kalau ibuku tidak ke jakarta…
mendengar itu aQ sangat terkejut, takut kalau terjadi sesuatu dengan ibuku..
nenekku mengatakan klo ibu sedang ada masalah dengan bapak..
sambil meneteskan air mata, nenekku menyuruhku untuk banyak berdoa agar ibu dan bapakku tetap rukun..
lalu, aQ segera menelepon ibuku, masih saja tidak diangkat…
aQ bertanya pada bapakku, bapakku mengatakan semuanya pasti baik-baik saja..
bapakku sama sekali tidak mengkhawatirkan keadaan ibuku!
aQ bener-bener tidak menyangka bapak sampai kayak gitu..
bapak tidak melakukan sesuatu yang menunjukkan tanda kekhawatiran..
telepon rumah berdering, ibu menelepon…
air mataku jatuh dengan derasnya, bersyukur kalau ibu tidak apa-apa..
sekarang, ibu di rumah temannya…
dan tidak memberitahu kapan akan pulang…
dan aQ yakin, pasti, ibu tidak akan pulang sampai bapak pergi ke jakarta untuk kerja…

hhh… aQ benar-benar sedih melihat keadaan keluargaku seperti itu..
aQ akan berusaha semampuku membantu menyelesaikan masalah keluargaku .
tapi aQ tidak tahu masalah apa itu…
ibu tidak mau menceritakan masalahnya dengan bapak.. wajar.. tidak mau membuat anaknya khawatir..
tapi klo kyak gini juga, aQ khawatir!
sebenarnya tanda-tanda kalau orang tuaku tidak rukun itu sudah ada sejak lama..
pisah ranjang, tidak ada komunikasi, hampir tidak pernah kumpul apalagi jalan-jalan sekeluarga..
sudah sangat terlihat kan?

Ibu pernah mengatakan sebuah kalimat yang tidak akan pernah aQ lupakan..

“Anggi adalah air, Ibu adalah kayu, dan bapak adalah api. Kalau Ibu dan bapak sedang berapi, hanya Anggi-lah yang bisa memadamkannya…”

Mendengar itu, aQ benar-benar serasa diberi tanggung jawab untuk menjaga hubungan ibu dan bapak..
karena itu, aQ tidak mau terjadi konflik di keluargaku…
apabila terjadi, aQ ingin sekali untuk bisa membantu atau melakukan apa saja agar keluargaku bisa rukun lagi seperti dulu..

😦

12 comments so far

  1. Si Iyo on

    Semua orang pasti pernah mengalami ini. Pasti. Itu adalah hal yang lumrah dalam sebuah keluarga, walaupun kita sebagai anak pasti akan sakit kalau kedua orang kesayangan kita bertengkar.

    Aku juga dulu gitu, Nggie. Seolah dikasih tanggung jawab sebagai penjembatan, antara Papi sama Mami. Dulu sih perih banget, aku sempet kegoncang secara mental. Hidupku jadi kacau. Tapi Alhamdulillah, ombak besar sampai tsunami berhasil terlewati. Sekarang yang ada tinggal menikmati indahnya rukun, dalam sebuah keluarga.

    Mungkin nanti bakal ada ombak lagi, tapi kita juga harus siap menghadapinya. Maka itu, Anggie sabar aja ya. Insyaallah, nanti juga reda sendirinya asalkan Anggie selalu berdoa dan berusaha untuk menyadarkan ayah dan ibu bahwa kita sebagai anak-anak juga nggak mau kalau kedua orang tua kita pisah.

    Sabar ya.🙂

  2. finkz on

    keadaan keluargaku juga, sama sepertimu.

  3. oLa on

    ya ..
    itulah peran anak sebagai pendamai
    berarti Qt msih kuat menjalani
    masalah ini

    aQ ga prnah ngedenger bahkan ngeliat
    bokap nyokap bertengkar
    yaiyalah!
    soalna mai bokap udah pass away

    yauda ,, anggie jgn menyerah ya^^

    ~oLa

  4. biela on

    selama palu belum diketuk, masih ada kesempetan!
    iya bener, kamu itu airnya..
    gimana pun juga caranya, kamu harus bisa nenangin suasana..
    yah, yg namanya pasutri pasti punya masalah, wong orng pacaran aja sering, ya ga?jadi bener2 wajar..
    keep sabar+berdoa😉

  5. eb on

    wow, its hard to be you isn’t it?

    nope..
    slama masi ada temen2 yang slalu peduli ama kita🙂

    keep smile..

    -orange is sour but sweet-

  6. Icha on

    Postingannya…dalem banget buat gw…
    Soalnya keluarga gw juga dulu pernah agak bermasalah. Tapi untungnya sekarang udah gak terlalu. Soalnya Nyokap selalu berusaha untuk ngalah walopun itu nyakitin hatinya banget dan dia sering nangis…

  7. ברתולומאוס on

    pernah denger sebuah kata-kata mutiara dari seorang aktor….:

    “Walaupun orang tuamu sering bertengkar dan sampai harus berpisah, bukan berarti mereka tidak menyayangimu lagi..”

    Sabar aja ya…. Mintalah sama Yang Maha Pengasih sehingga orang tuamu bisa kembali rukun…

    -salam-

  8. ichsanmufti on

    sabar ya anggi ya. Sesungguhnya ujian tersebut tentu akan mendewasakan seseorang. Coba Anggi renungkan masalah yang Anggi hadapi, tidakkah Anggi yakin bahwa Allah sedang mempersiapkan Anggi menjadi seorang wanita yang tegar lagi hebat.. Salam dari kakak ican di jogja

  9. ilustratorlemot on

    ichsanmufti: iya, kak.. makasih banyak ya.. salam balik nyuuu.. n_n

  10. ninies on

    sabar ya nggi…
    setiap mereka renggang, mereka akan rapat ketika mengingat airnya…
    (nies terharu ma kata2 ibumuh…)

  11. d_nH@ on

    emangnya cuman kamu po, yang punya masalah kaya gt???? maseh banyak lagee orang yang melebihi masalah dari km……
    jdi nyantai az kaleee……

    Q pun jg sering kok nglamin masalah seperti km…tp buktinyaQ maseh maseh fun2 az…
    hidup tuch g usah terlalu banyak mikir, maseh banyak yang perlu di pikirin dari it…

    ok!!!!
    sabar dech…semua masalah ada jalan keluarnya,
    n ada hkmah nya…

  12. d_nH@ on

    emangnya cuman kamu po, yang punya masalah kaya gt???? maseh banyak lagee orang yang melebihi masalah dari km……
    jdi nyantai az kaleee……

    Q pun jg sering kok nglamin masalah seperti km…tp buktinyaQ maseh maseh fun2 az…
    hidup tuch g usah terlalu banyak mikir, maseh banyak yang perlu di pikirin dari it…

    ok!!!!
    sabar dech…semua masalah ada jalan keluarnya,
    n ada hkmah nya…
    Pesan ku : “STAY FUN AND BE YOUR SELF” dari sobatmu…”Diana Shella L.”
    (smk 3(stm 2)Yogyakarta)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: