Susahnya jadi orang sabar dan tegar, ya?

Pas lagi ada masalah dateng, contohnya aja nilai ulangan jelek ato turun kelas pemantapan, pasti mata kita langsung berkaca2, ujung2nya nangis deh yang didapet. Trus ada temen kita, nyamperin. Yaa.. Kurang lebih kalimat yang dia ucapkan, “Sabar, ya… Masih ada hari lain.. Kamu harus berusaha lebih baik lagi!” Ada beberapa orang yang bosan mendengar kalimat itu. Jadi bukannya bikin semangat lagi, malah bikin kesel, trus ngedumel dalem hati, “Ni orang apa gak ada kalimat laen bwat nyemangatin aQ??” Ada juga yang langsung semangat membara mendengar kalimat itu. Ada lagi yang baik hati sangat. Bwat ngehargain temennya yang udah nyemangatin dia, dia pura-pura semangat lagi. Padahal sebenernya, dia masih terpuruk gara2 masalah yang dia hadapin itu. Keren nyuu… *terkagum-kagum*

Yaa… Berdasarkan pengalamanku dan pendapat temen2 di sekolah, emang bener2 sangat amat susah jadi orang yang sabar dan tegar. Biasanya kalo aQ dapet masalah, aQ harus mencari suatu kegiatan yang bisa bikin aQ lupa dengan masalah itu. Ato gak kalau emang udah gak tahan lagi, aQ bakal menangis sepuas hati. Usahain menangis di pelukan bantal, guling, ato boneka(yang penting di atas tempat tidur) trus aQ bakal ngantuk dan ketiduran deh.. Pas bangun, aQ langsung kebingungan. “Napa aQ bisa ketiduran ya? Tadi aQ ngapain? Ko mataku sakit? aQ habis nangis ya?” Seketika, aQ lupa ingatan. Walaupun tidak bersifat permanen, setidaknya sebagian dari masalah itu sudah kulupakan. Karena pikiranku sudah lebih fresh dibandingkan dengan tadi pas nangis, jadi aQ menyemangati diriku sendiri, menghibur diri sendiri, mengatakan pada diri sendiri kalau masih ada hari lain, atau dibalik semua ini pasti ada sesuatu yang baik, atau inilah ujian yang diberikan oleh-Nya, atau ga meyakinkan dalam hati “Rencana Allah selalu indah”(uuhh.. I love that) Dengan ditambah shalat dan main game atau nonton anime atau film yang bikin deg-degan, lupa deh ntu masalah dan pikiran!😉

Kata ‘Sabar’ dan ‘Tegar’ datangnya dari keikhlasan hati dalam menerima sesuatu. Mencari kata ‘Ikhlas’ itu juga susah, malah lebih susah. Harus menemukan suatu cara untuk mendapatkannya. Dan setiap orang punya caranya masing2 untuk menemukan kata ‘Ikhlas’ itu, seperti caraku tadi yang sudah aQ ketik diatas.

Tapi sebenernya aQ juga masih rada bingung. Kalo caraku yang tadi itu sudah bisa dibilang cara untuk menemukan kata ‘Ikhlas’ atau bukan. aQ takut salah mengartikan. aQ takutnya itu bukan cara untuk menjadi ikhlas, tapi cara untuk menjadi lupa! Jadi bingung gini…

17 comments so far

  1. finkz on

    ga susah sebenernya kalo udah terbiasa ikhlas..
    kalo aku sih, caranya, buka lembaran baru, lupakan lembaran lama, isi lembaran baru dengan yang tentu saja.. yang bikin kita senang, bangga, dll.

  2. nunung nurhaeni on

    jado orang sabar duhh,,,,sama qu jg lg belajar jd org sabar nieh..mudah2 qu jg bisa jd org sabarr,,,apalg klo lg bnyk msl wah..kyana pngen buru2 aja slesai..skrg ini qu lg bljr SABARRR hehehe…doain ya???

  3. indie on

    Betul sekali anggie, memjadi orang yang sabar n tegar tuh susah sekali. ada aj cobaannya tp klo qta mo berusaha pasti ad jalan dari Allah SWT. Selama aq berintropeksi diri tentang semua masalah2qu kepada Allah, banyak hal yang bisa aq petik dari proses itu. Itupun butuh waktu yang lama, kuncinya adalah mengikhlaskan semuany, insyaAllah qta bs menjadi orang yang sabar dalam menerima masalah atau cobaan dari Allah SWT, Amiin. Lam Kenal ya…

  4. Meck_art on

    Rasa sabar emang ga bs dtg gitu aja,bth proses karena ga gampang.tapi kita patutnxa jadi orang sabar dan brharap hal yang itu tdk terulang lagi.ak jg sama,mslh ak ckp bnyak,tp mau gp mau ak hrs mnjalaninya meskipun adaw rasa sakit.hdp kt psti akn lbh indh

  5. eli on

    aku merasa jadi bijaksana setelah mendapatkan banyak coba’an. aku berusaha utk berfikir positif dan tenang. semua orang idup punya masalah, jadi kalo mau tenang mati aja kali ya??? becanda bo. cuman sekarang mau jadi pemenang atau pecundang. menang itu adalah sukses untuk mengiklaskan segala pengorbanan. menang itu berjiwa besar. memang itu kuat bertahan dalam coba’an. ya usaha dan usahalah. ga da ruginya berubah jadi lebih baik. he2 panjang amirrr!!!

  6. Aura on

    Bayangin kalo orang yang kita cintai meninggalkan kita, entah karna meninggal atu pergi ketempat yang jauh dan memisahkan kalian. rasanya seperti nggak ada semangat hidup lagi. itu karna selama kita bersama kita lupa dengan apa yg sudah kita miliki. Jadi sebaiknya jaga dan sayangi apa yang kita punya sekarang. dan tentang yang sudah pergi harus di ikhlaskan karna Allah pasti punya rencana untuk kita di masa depan, dan kita berharap itu rencana yg lebih indah Bukan. Semoga kita menjadi orang yang sabar…dan ikhlas…

  7. aditya on

    sabar? susah-susah gampang.. tergantung pribadi msg2. Yang penting,, mikir positif aja. Karna kpercayaan akan kebaikan itu nyata,, dari pd mikir negatif malah akan membunuh kita pelan2.. Mulai dari bgn tdr,kita harus sepakat,,bahwa hdup itu indah,,smkin sbr, kita smkin kuat..

  8. bayu hariyono on

    “ikhlas dan sabar”…….huh…..hh emang sangat sulit kita lakukan tapi itu juga tergantung dari fikiran dan perasaan kita kalau kita di hantui rasa negatif pasti jadi gak iklhas dan sabar makanya kita selalu memandang sesuatu dengan positve aja kita akan bisa menikmati hudup ini dengan indah….atau kita akan bisa menjalani dua hal yang kita anggap sulit ya itu iklhas dan sabar…..😉

  9. ardiansyah kutai on

    jadi orang sabar gk susah ko,,yang penting kita bisa ikhlas nerima smuanya,,,kalo udh gitu qta pasti bisa jadi orang yang sabar..

  10. iit on

    ..Sangaddd..!!
    ..Belajar untuk sabar,terlampau rumit
    ..Apalagi ketika kita tidak bisa kontrol emosi
    ..Aku berharap dari apa yang aku baca,,bisa membuat aku sedikit berpikir pentingNya sabar dalam kehidupan ini

  11. reva on

    pa yg gk mgkin sich kok kt brsaha.pa ge cba to jd org yg sabar aku yakin smua org bisakok mnrt gw mgiklas kan ssutu yg tlah prg lbh baik dr pd to kt tangisi.anggap ja pndritaan awal to mnju gerbang kebahagiaan.

  12. renny on

    iya,ya susah banget jadi orang sabar apalagi sesuatu itu udah nyakitin kita banget.walaupun ilang tapi lama2 muncul lagi kalau di ungkit-ungkit.

  13. sara on

    trus gmana dong

  14. sara on

    gni aj cuekin apa yang ada d pikiran mu

  15. Shendi on

    setiap kejadian yg prng kita hadapi tak mungkin bs kita lupakan,knp??
    ‘krn itu prnah trjadi’
    yg pnting adalah skr!!!
    Atau upaya kita dlm mnghadapi smua itu,hrs tepat..

  16. andistayustikasari on

    kita sudah pengertian sama org disaat org tuch sedih susah mencoba slalu ada tp kenapa disaat kita butuh org tuch mlh menjauh..
    Bagaiman sabar yg harus dilakukan??

  17. anggra on

    waaa masalah yang sering aku hadapin itu disaat aku susaaah bgt nyumpelin air mata biar gak keluar di tempat rame ah paling sering itu di sekolah pasti masalahnya ga jauh jauh dari masalah akademik hehe gimana ya caranya supaya tahan itu air mata biar ga bertetesan di tempat umum? hehe


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: